Skip to main content

Resensi Buku : Seluk - Beluk Tunarungu & Tunawicara Serta Strategi Pembelajarannya


Judul Buku           : Seluk - Beluk Tunarungu & Tunawicara Serta Strategi Pembelajarannya
Pengarang            : Ahmad Wasita
Penerbit                : javalitera
Tahun Terbit        : 2013
Kota Terbit           : Sleman, Yogyakarta
Jumlah Halaman : 92 halaman
ISBN                     : 978-602-98182-2-2

               
                Buku ini berjudul “Seluk - Beluk Tunarungu & Tunawicara Serta Strategi Pembelajarannya” terdiri atas 10 bab yaitu bab 1 pendahuluan, bab 2 hakekat tunarungu dan tuna wicara, bab 3 penyebab karakteristik dan dambpak ketunarunguan, bab 4 pelayanan pendidikan anak usia dini bagi tunarungu, bab 5 strategi pembelajaran, bab 6 metode pembelajarn bina komunikasi persepsi bunyi dan irama (BPKPI), bab 7 strategi pembelajaran keterampilan menulis, bab 8 strategi pembelajaran metode maternal reflektif (MMR), bab 9 sistem isyarat bahasa Indonesia (SIBI), serta bab 10 pentingnya pendidikan inklusi bagi anak berkebutuhan khusus.

                Tunarungu merupakan suatu isilah umum yang menunjukkan kesulitan mendengar dari yang ringan sampai yang berat, digolongkan ke dalam tuli dan kurang dengar.  Sedangkan tuna wicara adalah kesulitan berbicara ayang disebabkan  tidak berfungsinya dengan baik organ – organ bicara, seperti langit – langit, pita suara. Seorang anak yang mengalami tunarungu dan tuna wicara secara fisik terlihat tidak berbeda dengan anak seumurannya, hanya saja dia akan terlihat bebrbeda saat orang lain mengajaknya berkomunikasi.

              Mereka yang mengalami ketidakbisaan  dalam mendengar dan juga berbicara, otomatis mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dengan lingkungannya, terutama dalam hal menyesuaikan diri dengan kondisi yang belum biasa dialaminya. Akibatnya tidak jarang seorang tunarungu mengalami berbagai permasalahan dalam kehidupannya.

                Buku ini memberikan acuan bagi orang tua dan guru untuk memilih strategi pembelajaran yang tepat bagi anak tunarungu dan tunawicara. Cover buku ini lumayan menarik. Bahasa yang digunakan juga sangat jelas dan ringkas sehingga mudah untuk dipahami. Glosarium yang terdapat diakhir halaman dari buku ini juga sangat membantu kita yang kurang mengerti tentang istilah – istilah penting.

                Pengambilan gambar yang ditampilkan kurang menarik karena hanya berwarna hitam putih, sehingga gambar yang tertera kurang jelas



Comments

Popular posts from this blog

Materi dan Soal Latihan Hakikat Ilmu Kimia Kelas X

Hakikat Ilmu Kimia A.     Hakikat dan Peran Kimia dalam Kehidupan                   Ilmu kimia adalah ilmu alam yang secara khusus mempelajari tentang susunan, struktur, sifat, perubahan materi, baik perubahan kimia maupun perubahan secara fisika serta energy yang menyertai perubahan tersebut.                Materi adalah segala sesuatu yang memiliki massa, menempati volume, dan mempunyai siafat dapat diindra. Peranan kimia dalam kehidupan sebagai berikut. 1.       Ilmu kimia sangat berperan dalam kehidupan sehari – hari. Seperti menghasilkan pupuk, sabun, sampo, bahan pengawet, pipa, plastik, dll. 2.       Ilmu kimia mengatasi berbagai gejala alam yang merugikan. Seperti terjadinya korosi karena hujan dan lingkungan yang asam. Hal ini dapat dicegah dengan metode pengecatan, penyepuhan besi dengan logam yang s...

Hasil Wawancara Dokter Spesialis Saraf

Laporan Hasil Wawancara Sistem Regulasi   Disusun oleh : 1.      Abdulloh Ulul Albab         ( 01 / XI MIPA 1 ) 2.      Arifa Zulfathia                   ( 06 / XI MIPA 1 ) 3.      Vanny Nuri Saputri           ( 30 / XI MIPA 1 ) 4.      Yogi Darmawan                ( 32 / XI MIPA 1 ) SMA NEGERI 4 MAGELANG JURUSAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Jl. Panembahan Senopati No.42/47 telp. (0293) 362709 Magelang 56123 Kata Pengantar Puji syukur  kehadirat Allah SWT karena rahmat dan hidayah-Nya, sehingga kami dapat melakukan wawancara dan menyelesaikan laporan hasil wawancara mata pelajaran Biologi untuk materi system regulasi. ...