Hakikat Ilmu Kimia
A.
Hakikat
dan Peran Kimia dalam Kehidupan
Ilmu
kimia adalah ilmu alam yang secara khusus mempelajari tentang susunan,
struktur, sifat, perubahan materi, baik perubahan kimia maupun perubahan secara
fisika serta energy yang menyertai perubahan tersebut.
Materi
adalah segala sesuatu yang memiliki massa, menempati volume, dan mempunyai
siafat dapat diindra.
Peranan
kimia dalam kehidupan sebagai berikut.
1. Ilmu
kimia sangat berperan dalam kehidupan sehari – hari.
Seperti menghasilkan pupuk, sabun,
sampo, bahan pengawet, pipa, plastik, dll.
2. Ilmu
kimia mengatasi berbagai gejala alam yang merugikan.
Seperti terjadinya korosi karena hujan
dan lingkungan yang asam. Hal ini dapat dicegah dengan metode pengecatan,
penyepuhan besi dengan logam yang sukar terkorosi, dan perlindungan katode (
proteksi katodik ).
3. Zat
– zat kimia dalam kehidupan sehari – hari
a. Pembuatan
pupuk, untuk meningkatkan produksi bagi pertanian.
b. Bensin
sebagai bahan bakar
c. Untuk
memekarkan adonan kue ditambahkan soda kue.
4. Ilmu
kimia berperan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.
a. Alat
untuk mendeteksi tingkat pencemaran udara.
b. Pembuatan
microchip computer dari logam silicon dengan kualitas tinggi
5. Ilmu
kimia berperan menyelesaikan masalah.
Untuk mengatasi pembakaran minyak bumi terus –
menerus, manusia harus berupaya sumber – sumber energy baru, seperti enenrgi
surya ( mtatahari ), energy nuklir, geothermal, dll.
B.
Metode
Ilmiah
Penelitian
ilmiah adalah suatu kegiatan yang sistematik, logis, objektif, dan replikatif (
dapat diulang ) untuk mengkaji suatu masalah dalam usaha untuk menjelaskan
maslah tersebut.
Langkah
– langkah penelitian ilmiah adalah sebagai berikut.
1. Merumuskan
masalah
2. Mengkaji
teori dan temuan penelitian sebelumnya
3. Merumuskan
hipotesis ( jawaban sementara )
4. Melakukan
eksperimen ( untuk membuktikan hipotesis yang sudah ada )
5. Mengumpulkan
data
6. Mengolah
dan menganalis data
7. Membuat
kesipulan
8. Melaporkan
hasil penelitian
C.
Keselamatan
Kerja di Laboratorium
Laboratorium
merupakan tempat untuk eksperimen yang angat membantu dalam mempelajari ilmu
kimia. Fungsi laboratorium di sekolah adalah sebagai berikut.
1. Membantu
memahami konsep – konsep kimia.
2. Membuktikan
berbagai konsep kimia.
3. Tempat
melakukan penelitian sederhana.
Dalam
menggunakan laboratorium ada beberapa aturan tentang alat dan kegunaannya,
seperti yang terdapat pada table berikut.
|
Tempat membuat larutan. Dalam
membuat larutan erlenmeyer yang selalu digunakan.
|
|
Untuk destilasi larutan.
|
Tempat untuk menyimpan dan membuat
larutan.
|
|
Corong digunakan untuk memasukan
atau memindah larutan ai satu tempat ke tempat lain dan digunakan pula untuk
proses penyaringan setelah diberi kertas saing pada bagian atas.
|
|
Digunakan untuk titrasi, tapi pada
keadaan tertentu dapat pula digunakan untuk mengukut volume suatu larutan.
|
|
Untuk memisahkan dua larutan yang
tidak bercampur karena adanya perbedaan massa jenis. Corong pisah biasa
digunakan pada proses ekstraksi.
|
|
Untuk membuat dan atau
mengencerkan larutan dengan ketelitian yang tinggi.
|
|
Untuk mengukur volume larutan.
Pada saat praktikum dengan ketelitian tinggi gelas ukur tidak diperbolehkan
untuk mengukur volume larutan. Pengukuran dengan ketelitian tinggi dilakukan
menggunakan pipet volume.
|
|
Untukl destilasi larutan. Lubang
lubang bawah tempat air masuk, lubang ata tempat air keluar.
|
|
|
Untuk mengukur volume larutan
|
Digunakan untuk mengambil larutan
dengan volume tertentu sesuai dengan label yang tertera pada bagian pada
bagian yang menggembung.
|
|
Untuk meneteskan atau mengambil
larutan dengan jumlah kecil.
|
|
Untuk mengocok atau mengaduk suatu
baik akan direaksikan mapun ketika reaksi sementara berlangsung.
|
|
Untuk mereaksikan dua atau lebih
zat.
|
|
Kaki tiga sebagai penyangga
pembakar spirtus.
|
|
Tempat tabung reaksi. Biasanya
digunakan pada saat melakukan percobaan yang membutuhkan banyak tabung
reaksi. Numun dalam mereaksikan zat yang menggunakan tabung reaksi sebaiknya
menggunakan rak tabung reaksi demi keamanan diri sendiri maupun orang lain.
|
|
Untuk menjepit tabung reaksi.
|
|
Menghaluskan zat yang masing
bersifat padat/kristal.
|
|
Untuk melindungi mata dari bahan
yang menyebabkan iritasi. Dan melindungi dari percikan api, uap logam, serbuk
debu, kabut dan zat-zat kimia yang meletup ketika dilakukan pemanasan,
misalnya H2SO4.
|
|
Untuk membakar zat atau
memmanaskan larutan.
|
Symbol
peringatan di laboratorium:
Lambang T+ (very toxic) : berarti bahan kimia bersifat racun
kuat
|
|
Lambang C (corrosive) : berarti
bahan kimia bersifat korosif, atau dapat merusak jaringan hidup
|
|
Lambang Xi (irritant) : berarti
bahan kimia dapat menyebabkan iritasi terhadap jaringan atau organ
tubuh
|
|
Lambang Xn (harmful) : berarti
bahan kimia dapat melukai jaringan atau organ tubuh
|
|
Lambang N (dangerous for the
environment) : berarti bahan kimia bersifat berbahaya bagi satu atau
beberapa komponen dalam lingkungan kehidupan
|
|
Bahan-bahan yang bersifat racun
|
|
Flammable
|
Bahan yang mudah terbakar
|
bahan yang dapat merusak jaringan
hidup
|
|
Toxic
|
Sedikit saja masuk ke tubuh dapat
menyebabkan kematian atau sakit keras
|
Oxidising Agent
|
Bahan yang dapat menghasilkan panas
bila bersentuhan dengan bahan lain terutama bahan-bahan yang mudah terbakar
|
Explosive
|
Bahan yang mudah meledak bila kena
panas, api atau sensitif terhadap gesekan atau goncangan
|
Radioactive
|
Bahan-bahan yang bersifat radioaktif
|
High voltage
|
Peringatan tegangan tinggi
|
No smoking
|
Area dilarang merokok
|
Area dilarang menyalakan api
|
SOAL LATIHAN
1. Perhatikan
langkah – langkah dalam metode ilmiah berikut !
1) Menyusun
hipotesis
2) Menarik
kesimpulan
3) Hasil
eksperimen
4) Mengadakan
eksperimen
5) Merumuskan
masalah
Urutan metode ilmiah yang benar adalah …
a.
5 – 4 – 1 – 2 – 3
b.
2 – 1 – 3 – 5 – 4
c.
2 – 3 – 4 – 1 – 5
d.
5 – 1 – 4 – 2 – 3
e.
5 – 1 – 4 – 3 – 2
2. Perhatikan
gambar berikut.
a.
Beracun
b.
Korosif
c. Bahan yang bersifat radioaktif
d.
Bahan mudah teroksidasi
e.
Bahan mudah meledak
3. Berikut
ini yang termasuk senyawa adalah …
a.
Ozon
b.
Emas
c. Air
|
d.
Perak
e.
Besi
|
4. Contoh bahan kimia yang bersifat
racun (toxic), kecuali …
a.
Merkuri klorida
b. Gas propana
c.
Arsen triklorida
|
d.
Kalium sianida
e.
Nitrobenzene
|
5. Kegunaan
buret adalah …
a. Digunakan untuk titrasi
b.
Untuk
mengencer larutan
c.
Wadah
zat yang bereaksi
d.
Alat
untuk menyaring
e.
Untuk
destilasi
6. Awal
suatu aktivitas dalam mempelajari ilmu kimia adalah …
a. Pengamatan
b.
Menghafal rumus kimia
c.
Pengumpulan reaksi kimia
d.
Mengahafal zat kimia
e.
Pengumpulan zat kimia
7. Salah
satu fungsi dari laboratorium di sekolah adalah …
a.
Sebagai tempat bermain
b.
Sebagai tempat memasak
c. Membuktikan berbagai konsep kimia
d.
Untuk mengadakan rapat besar
e.
Mengadakan makan bersama
8. Sifat
materi, kecuali …
a.
Memiliki massa
b.
Menempati volume
c.
Dapat dilihat
d. Dapat menyebar
e.
Dapat dirasa
9. Di bidang pertanian, ilmu kimia
digunakan untuk? Kecuali…
a. Membuat pupuk
b.
Membuat plastic
c. Membuat tanaman lebih subur
d. Membuat tanaman lebih rindang
e. Menghilangkan hama
10. Dugaan
awal dalam metode ilmiah disebut dengan …
a. Pengamatan
b. Perumusan
masalah
c.
Hipotesis
d. Melakukan
eksperimen
e. Menarik
kesimpulan
Terima kasih atas kunjungannya. Maaf kalo belum rapi. Inshaallah bakal segera aku revisi dan aku tambah gambar biar lebih jelas lagi kok :))
Comments
Post a Comment