Skip to main content

Hasil Wawancara Dokter Spesialis Saraf

Laporan Hasil Wawancara
Sistem Regulasi
 


Disusun oleh :
1.     Abdulloh Ulul Albab         ( 01 / XI MIPA 1 )
2.     Arifa Zulfathia                   ( 06 / XI MIPA 1 )
3.     Vanny Nuri Saputri           ( 30 / XI MIPA 1 )
4.     Yogi Darmawan                ( 32 / XI MIPA 1 )

SMA NEGERI 4 MAGELANG
JURUSAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
Jl. Panembahan Senopati No.42/47 telp. (0293) 362709 Magelang 56123




Kata Pengantar

Puji syukur  kehadirat Allah SWT karena rahmat dan hidayah-Nya, sehingga kami dapat melakukan wawancara dan menyelesaikan laporan hasil wawancara mata pelajaran Biologi untuk materi system regulasi.
Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas mata pelajaran Biologi dengan materi system regulasi, dengan guru pembimbing Ibu Siti Handayani S.Pd., di samping itu juga untuk menambah wawasan dan pengetahuan, khususnya kelainan pada sistem regulasi.
Kami juga mengucapkan banyak terimakasih kepada Ibu Siti Handayani S.Pd, selaku guru pembimbing, dr. Dyah Wiratmi P.,Sp.P., selaku narasumber dan rekan – rekan yang telah memberikan saran dan kritik yang membangun dalam penyelesaian laporan ini.
Kami berharap semoga dengan adanya laporan ini, kami dapat memenuhi tugas yang diberikan dan dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk kedepannya.




Magelang, 27 Maret 2018

Tim Penulis


Daftar Isi

Halaman Judul ………………………………………………………………………………......  1
Kata Pengantar ……………………………………
……………………………………………... 2
Daftar Isi ………………………………………………………………………………………… 3
BAB I Pendahuluan ……………………………………………………………………………... 4
A.    Latar Belakang ……………………………………………….…………………. 4
B.     Tujuan Wawancara …………………………………… ….…………………….. 4
C.     Topik Wawancara ……………………………………….……………………… 4
D.    Waktu dan Tempat Wawancara ………………………..……………………….. 4
BAB II Hasil Wawancara ……………………………………………………………………….. 5
A.    Narasumber ……………………………………….…………………………….. 5
B.     Pewawancara ………………………………….………………………………… 5
C.     Trasnkrip Wawancara …………………….…………………………………….. 5
BAB III Penutup ………………………………………....……………………………………… 7
A.    Kesimpulan …………………………..………………………………………….. 7
B.     Saran ……………………………..…………………………………………........ 7
Lampiran ………………………………………....……………………………………………… 8
Surat Keterangan ……………………………………………………………………………….... 9

  

BAB I
Pendahuluan

A.    Latar Belakang
Sistem Regulasi merupakan suatu sistem yang mengkoordinasi segala aktivitas tubuh, sehingga sistem regulasi/sistem saraf dapat dikatakan suatu sistem yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Sistem regulasi ini juga merupakan sistem koordinasi yang mengatur agar semua sistem organ dapat bekerja secara serasi. Jadi secara umum sistem regulasi adalah sistem organ yang meregulasi atau mengatur sistem-sistem organ tubuh lain. Sistem ini juga bertanggung jawab atas pengetahuan dan daya ingat yang dimiliki manusia.

Sistem saraf dan sistem hormon (sistem endoktrin) adalah sistem koordinasi fungsi organ-organ seluruh tubuh. Sistem saraf berperandalam iritabilitas, yaitu daya untuk menanggapi rangsang. Oleh karena itu, segala aktivitas tubuh tidak dapat dilakukan tanpa adanya bantuan oleh sistem regulasi.

Sistem koordinasi pada hewan tingkat tinggi seperti manusia dilakukan oleh sistem saraf (sistem koordinasi neural dan sistem hormon/endoktrin (sistem koordinasi hormonal).Oleh karena itu, perlu adanya pembahasan mengenai sistem regulasi  ini.

B.     Tujuan Wawancara
·         Mengetahui lebih dalam tentang saraf
·         Memahami lebih dalam tentang salah satu kelainan pada sistem saraf
·         Memperoleh informasi
·         Memenuhi tugas Biologi

C.    Topik Wawancara
Topik kegiatan wawancara ini adalah “Sistem Regulasi”

D.    Waktu dan Tempat Wawancara
Hari                 : Selasa
Tanggal           : 27 Maret 2018
Pukul               : 11.00
Tempat            : RSJ Prof. dr. Soerojo Magelang





BAB II
Hasil Wawancara

A.    Narasumber ( N )

Nama                : dr. Dyah Wiratmi P.,Sp.S.
Spesialis           : Saraf
Alamat Praktek : -    RSJ Prof. dr. Soerojo Magelang
                            -          RS Lestari Raharja ( Hari Senin dan Kamis pukul 15.00 )

B.     Pewawancara ( P )

Wawancara ini dilaksanakan oleh tim yang terdiri dari :
1.      Abdulloh Ulul Albab
2.      Arifa Zulfathia
3.      Vanny Nuri Saputri
4.      Yogi Darmawan

C.    Transkrip Hasil Wawancara

           P          : “Pengertian dari stroke sendiri apa ya dok ?”
           N         : ” Stroke itu kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terputus akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah di otak.
            P          : “ Perbedaan stroke dan penyakit jantung apa ya ? “
            N         : “Penyakit jantung disebabkan karena pembuluh darah yang tersumbat dijantung, sedangkan penyakit stroke bisa disebabkan karena tersumbat dan pecahnya pembuluh darah.”
            P          :  “ Oh begitu ya dok. Lalu penyebab stroke itu apa saja ?”
            N         : “Penyebabnya karena merokok, tekanan darah tinggi, kolestrol, gula terlalu tinggi, gaya hidup yang tidak sehat, lalu dari faktor usia yang semakin bertambah menyebabkan       pembuluh darah kaku.”
            P          : “ Stroke itu gejala nya apa saja ya dok ?”
N         : “Mata dan mulut pada salah satu sisi wajah penderita terlihat turun, lengan si penderita mengalami kelumpuhan saat terserang stroke, perubahan perilaku pusing tiba tiba”
P          : “Oh iya dok, terus apa yang harus kita lakukan kalau menemukan gelaja stroke yang misal sampai kejang ?
N         : Ya harus segera di bawa ke rumah sakit biar bisa mendapatkan pertolongan secepatnya, kalau bisa sih jangan sangai lebih dari 3 jam. Karena pasien kan bisa bertahan selama 3 jam itu.
            P          : “Apakah stroke itu berpotensi keturunan ya dok ?”
N         : “Kalau berpotensi sih iya, sebenarnya itu tadi faktor resikonya apa seperti tekanan darah tinggi itu keturunan. Jadi yang diturunkan itu faktor resiko – resikonya, tapi apabila anaknya itu memiliki gaya hidup yang sehat sangat mungkin tidak kena juga.”
P          : “Indonesia apakah stroke menjadi pembunuh nomor satu ya dok ?”
N         : “ Iya, sekarang yang menjadi pembunuh nomor satu stroke sudah bukan lagi penyakit jantung. Jadi hati – hati ya.”
P          : “Dok, terus kalau orang obesitas bisa memicu stroke tidak ya ?”
N         : “ Oh ya bisa, tapi sebenernya belum tentu orang yang obesitas punya kadar kolesterol yang tinggi jadi bisa saja tidak memicu timbulnya stroke.”
P          : “Terus untuk dampak dari stroke itu bagaimana ya dok?”
N         : “Kerusakan karena stroke itu bisa meluas dan berlangsung lama. Sebelum pulih seperti dulu waktu sehat, pasien harus melakukan kontrol rutin dalam periode yang panjang atau lama. Tapi sebagian besar, ada juga yang tidak akan pernah pulih seratus persen.”
P          : Lalu untuk pencegahannya agar tidak terkena stroke sendiri apa ya dok ?”
N         : Ya banyak sih, kuncinya menerapkan pola hidup sehat, tidak merokok, olahrga teratur, berusaha menstabilkan kolesterol, menjaga kadara normal gula, ya masih banyak lagi sih.




BAB III
Penutup

A.    Kesimpulan
·         Stroke adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terputus akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah di otak sehingga mengakibatkan seseorang menderita kelumpuhan atau kematian.
·         Otak itu sebagai pusat dari seluruh tubuh jika ada bagian yang rusak maka sistem kerja yang diatur oleh bagian tersebut tidak berfungsi optimal
·         Jika ada gejala – gejala stroke yang muncul harus segera dibawa ke dokter karena semakin lama ditangani semakin besar resiko yang dialami pasien.

B.     Saran
Untuk dapat memahami sistem regulasi, selain membaca dan memahami materi – materi dari sumber yang ada , kita harus mengaitkan materi – materi tersebut dengan kehidupan kita sehari – hari, agar lebih mudah untuk paham dan akan selalu diingat.
Ada satu pesan penting kita ambil dari narasumber, yaitu dengan kita sering belajar, otak kita tidak akan mudah lupa dan otak kita akan menjadi lebih sehat. Jadi jangan mudah mengeluh dengan tugas yang ada. Karena dengan adanya tugas, bisa mengasah kemampuan otak



Lampiran




Comments

Popular posts from this blog

Resensi Buku : Seluk - Beluk Tunarungu & Tunawicara Serta Strategi Pembelajarannya

Judul Buku           : Seluk - Beluk Tunarungu & Tunawicara Serta Strategi Pembelajarannya Pengarang            : Ahmad Wasita Penerbit                : javalitera Tahun Terbit        : 2013 Kota Terbit           : Sleman, Yogyakarta Jumlah Halaman : 92 halaman ISBN                     : 978-602-98182-2-2                                 Buku ini berjudul “Seluk - Beluk Tunarungu & Tunawicara Serta Strategi Pembelajarannya” terdiri atas 10 bab yaitu bab 1 pendahuluan, bab 2 hakekat tunarungu dan tuna wicara, bab 3 penyebab karakteristik dan dambpak ketunarunguan, bab 4 pelayanan pendidikan anak usia dini bagi tunarungu, bab 5 strategi pembelajaran, bab 6 metode pembelajarn bina komunikasi persepsi bunyi dan irama (BPKPI), bab 7 strategi pembelajaran keterampilan menulis, bab 8 strategi pembelajaran metode maternal reflektif (MMR), bab 9 sistem isyarat bahasa Indonesia (SIBI), serta bab 10 pentingnya pendidikan inklusi bagi anak berkebutuhan khusus.       

Sinopsis Anne Of Green Gables

Judul                         : Anne of Green Gables Penulis                      : Lucy M. Montgomerry Halaman                   : 513 Tokoh                        : Anne Shirley   Tahun terbit (asli)                : 1908 Tahun terbit (terjemahan)  : 2008