Skip to main content

Contoh Meresensi Buku Ilmu Pengetahuan


Belajar Membudidayakan Tanaman
 

Judul buku                    : Budidaya Jagung Hibrida
Penulis                           : Joseph Yanto O.S.
Penerbit                         : CV AFRINO RAYA
Tahun terbit / cetakan : 2011 / 1
Tebal                               : viii + 68 halaman



Buku ini berjudul “Budidaya Jagung Hibrida” terdiri atas 12 bab yaitu bab 1 sejarah dan anatomi tanaman jagung, bab 2 pengenalan varietas tanaman jagung, bab 3 keuntungan dan pemanfaatan tanaman jagung, bab 4 menyiapkan lahan jagung, bab 5 pemilihan benih jagung hibrida yang baik, bab 6 penanaman jagung hibrida, bab 7 pemupukan, bab 8 perawatan, bab 9 mengenal penyakit pada tanaman jagung dan pencegahannya, bab 10 pemeliharaan dari hama, bab 11 panen dan pascapanen, dan bab 12 analisis usaha budidaya jagung hibrida.


Jagung merupakan salah satu makanan favorit banyak orang di dunia. Tidak heran, karena selain cita rasa yang khas, kandungan gizinya tinggi, dan pengolahannya mudah. Jagung juga dpaat diolah menjadi masakan, camilan, minyak goreng, minuman, sirup, kopi, cat, kertas, dan masih banyak lagi. Karena itu, banyak petani yang memilih jagung untuk dijadikan tanaman budidaya.


Lahan tanam jagung harus diolah dan diatur aerasi dan drainasenya. Lalu kalian harus memilih benih jagung dengan memperhatikan kualitas dari segi kesehatan benih, kemurnian varietas, dan daya tumbuh benih. Sedangkan untuk penanamannya kalian harus menentukan pola tanam. Untuk perawatannya meliputi penyulaman benih yang tidak tumbuh, penyiangan, serta pemupukan. Jagung yang siap panen memiliki ciri secara fidologis dengan tanman jagung muda.


Saat tanaman jagung hibrida sedang tumbuh, banyak hama dan penyakit yang seringkali merusak dan membuatnya mati. Sebaiknya pencegahan harus segera dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan datangnya hama. 


Buku ini bisa menjadi pedoman bagi petani yang ingin membudidyakan jagung hibrida. Covernya menarik dan isinya yang mudah dipahami merupakan kelebihan dari buku ini. Tapi isi buku ini hanya berwarna hitam dan putih, yang membuat pembaca sedikit bosan. Seharusnya, diberi warna agar para pembaca bersemangat dalam membaca buku ini. Saya rasa buku ini perlu dibaca, tidak hanya kalangan petani, pegawai kantoran dan lainnya juga perlu untuk menambah wawasan.

Comments

Popular posts from this blog

Resensi Buku : Seluk - Beluk Tunarungu & Tunawicara Serta Strategi Pembelajarannya

Judul Buku           : Seluk - Beluk Tunarungu & Tunawicara Serta Strategi Pembelajarannya Pengarang            : Ahmad Wasita Penerbit                : javalitera Tahun Terbit        : 2013 Kota Terbit           : Sleman, Yogyakarta Jumlah Halaman : 92 halaman ISBN                     : 978-602-98182-2-2                                 Buku ini berjudul “Seluk - Beluk Tunarungu & Tunawicara Serta Strategi Pembelajarannya” terdiri atas 10 bab yaitu bab 1 pendahuluan, bab 2 hakekat tunarungu dan tuna wicara, bab 3 penyebab karakteristik dan dambpak ketunarunguan, bab 4 pelayanan pendidikan anak usia dini bagi tunarungu, bab 5 strategi pembelajaran, bab 6 metode pembelajarn bina komunikasi persepsi bunyi dan irama (BPKPI), bab 7 strategi pembelajaran keterampilan menulis, bab 8 strategi pembelajaran metode maternal reflektif (MMR), bab 9 sistem isyarat bahasa Indonesia (SIBI), serta bab 10 pentingnya pendidikan inklusi bagi anak berkebutuhan khusus.       

Sinopsis Anne Of Green Gables

Judul                         : Anne of Green Gables Penulis                      : Lucy M. Montgomerry Halaman                   : 513 Tokoh                        : Anne Shirley   Tahun terbit (asli)                : 1908 Tahun terbit (terjemahan)  : 2008  

Hasil Wawancara Dokter Spesialis Saraf

Laporan Hasil Wawancara Sistem Regulasi   Disusun oleh : 1.      Abdulloh Ulul Albab         ( 01 / XI MIPA 1 ) 2.      Arifa Zulfathia                   ( 06 / XI MIPA 1 ) 3.      Vanny Nuri Saputri           ( 30 / XI MIPA 1 ) 4.      Yogi Darmawan                ( 32 / XI MIPA 1 ) SMA NEGERI 4 MAGELANG JURUSAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Jl. Panembahan Senopati No.42/47 telp. (0293) 362709 Magelang 56123 Kata Pengantar Puji syukur  kehadirat Allah SWT karena rahmat dan hidayah-Nya, sehingga kami dapat melakukan wawancara dan menyelesaikan laporan hasil wawancara mata pelajaran Biologi untuk materi system regulasi. Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas mata pelajaran Biologi dengan materi system regulasi, dengan guru pembimbing Ibu Siti Handayani S.Pd., di samping itu juga untuk menambah wawasan dan pengetahuan, khususnya kelainan pada sistem regulasi. Kami juga mengucapkan banyak terimakasih kepada Ibu Siti Handayani S.Pd, se